Use Case Diagram Sistem Informasi Perpustakaan

loading...
Use Case Diagram Sistem Informasi Perpustakaan

Siang minaa! kali ini mau berbagi tugas dari mata kuliah APPLBO atau Analisis dan Perancangan Perangkat Lunak Berorientasi Objek.yak langsung saja di makan yak.
Liha juga Acktivity Diagram Perpustakaan



Tugas Kelompok Pertama APPLBO

Sistem Informasi Perpustakaan
"Use Case Diagram"


ANGGOTA :
-          Anugerah Fadhilah    09021381419115
-          Alberthus Dimas        09021381419121
-          Doni Mikha                09021381419107





Deskripsi Alur Usecase Diagram

-          Aktor
a.      Admin è Orang yang bertugas dan memiliki hak akses untuk melakukan operasi pengolahan data pustaka, anggota, proses peminjaman, dan pengembalian pustaka.
b.      Pengunjung è Orang yang memiliki hak akses untuk meminjam dan mencari pustaka.


-          Pendaftaran è Proses memasukkan data pribadi oleh pengunjung. Data untuk pengunjung berupa nama, jurusan, fakultas, alamat, nomor HP. Pengunjung yang telah mendaftar akan dapat id login.

-          Login è Proses memasukkan id login pengunjung ataupun admin agar dapat melakukan tugas dan memanfaatkan sarana perpustakaan.

-          Edit data pengunjung è Proses memasukkan dan menghapus data pengunjung dari  basis data. <hanya dapat dilakukan oleh admin>

-          Input data pustaka è Proses memasukkan data pustaka ke system. <hanya dapat dilakukan oleh admin>

-          Edit data pustaka è Proses menghapus dan mengupdate data pustaka dalam system. <hanya dapat dilakukan oleh admin> 

-          Cari data pustaka è Proses mencari data pustaka berdasarkan judul, nama pengarang, jenis buku, tahun terbit, editor, dll.

-          Input data pinjam è Proses memasukkan data pinjaman ketika ada anggota yang meminjam pustaka. <hanya dapat dilakukan oleh admin>

-          Input data kembali è Proses memasukkan data pengembalian ketika ada anggota yang mengembalikkan pustaka. <hanya dapat dilakukan oleh admin>

-          Input data denda è Proses menghitung denda apabila pustaka dikembalikan melebihi waktu pinjaman yang diberikan, dan atau pustaka dikembalikkan dalam kondisi cacat. Admin juga dapat mengubah nominal denda sewaktu-waktu.

Skenario Pendaftaran
Nama
Pendaftaran
Aktor
Pengunjung
Tujuan
Mendapatkan ID untuk dapat akses / login sistem informasi perpustakaan
Deskripsi
Sistem akan memasukkan data pendaftaran pengunjung ke dalam database, lalu sistem akan memberikan ID login pengunjung.
Kondisi Awal
Sistem tampil dengan halaman utama yang berisi login dan pendaftaran. (Bagi pengunjung yang belum mendapat ID harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu)
Kondisi Akhir
Pengunjung telah terdaftar

Skenario Utama
1.       Pengunjung melakukan pendaftaran di dalam sistem.
2.       Sistem memeriksa kelengkapan data yang dimasukkan pengunjung.
3.       Sistem menyimpan data pendaftaran ke dalam database.
Skenario Gagal
2.       Pengunjung melakukan pendaftaran di dalam sistem.
4.       Sistem memeriksa kelengkapan data yang dimasukkan pengunjung.
5.       Sistem kembali meminta data yang belum di isi.


Skenario Login
Nama
Login
Aktor
Pengunjung
Tujuan
Memastikan hak akses sesuai dengan wewenang pengunjung
Deskripsi
Sistem memastikan apakah pengunjung yang login memiliki hak akses sistem atau tidak
Kondisi Awal
Sistem tampil dengan halaman utama yang berisi login dan pendaftaran. Selanjutnya, pengunjung melakukan login.
Kondisi Akhir
Sistem menampilkan fitur-fitur yang dapat di akses pengunjung yang sudah login
Skenario Utama
1.       Pengunjung memasukkan ID dan password
2.       Pengunjung melakukan “login”
1.       Melakukan verifikasi dan validasi data yang dimasukkan
2.       Menampilkan konfirmasi hasil login

Skenario Gagal
3.       Pengunjung memasukkan ID dan password
4.       Pengunjung melakukan “login”
3.       Sistem memeriksa kelengkapan data yang dimasukkan pengunjung.
4.       Sistem kembali seperti semula tetap pada halaman utama


Skenario Edit Data Pengunjung
Nama
Edit Data Pengunjung
Aktor
Admin
Tujuan
Mengubah data anggota
Deskripsi
Admin melakukan perubahan dalam database pengunjung.
Kondisi Awal
Admin telah login dalam system
Kondisi Akhir
Sistem menyimpan update data anggota yang baru

Skenario Utama
1.       Admin mengupdate data
2.       Admin menghapus data
1.       Mengubah data anggota dari sistem
2.       Menghapus data anggota dari sistem

Skenario Gagal
3.       Admin melakukan input / update ulang
3.       Menyimpan perubahan dalam system dan menampilkan verifikasi




Skenario Input Data Pustaka
Nama
Input Data Pustaka
Aktor
Admin
Tujuan
Memasukkan data pustaka
Deskripsi
Admin memasukkan data pustaka ke system
Kondisi Awal
Admin telah login dalam system
Kondisi Akhir
Sistem menyimpan data pustaka yang dimasukkan

Skenario Utama
1.       Admin memasukkan data pustaka
2.       Menyimpan data pustaka ke sistem

Skenario Gagal
3.       Admin melakukan input / update ulang
4.       Menyimpan perubahan dalam system dan menampilkan verifikasi


Skenario Edit Data Pustaka
Nama
Edit Data Pustaka
Aktor
Admin
Tujuan
Mengubah data pustaka
Deskripsi
Admin mengupdate dan menghapus data pustaka dalam sistem
Kondisi Awal
Admin telah login dalam system
Kondisi Akhir
Sistem menyimpan hasil update data pustaka terbaru

Skenario Utama
1.       Admin mengupdate  data
2.       Admin menghapus data
3.       Mengupdate data pustaka dari sistem
4.       Menghapus data pustaka dari sistem



Skenario Gagal
5.       Admin melakukan update ulang
6.       Menyimpan perubahan dalam system dan menampilkan verifikasi


Skenario Cari Data Pustaka
Nama
Cari Data Pustaka
Aktor
Admin dan Pengunjung
Tujuan
Mencari data pustaka
Deskripsi
Admin / pengunjung memasukkan data pustaka ke sistem
Kondisi Awal
Admin / pengunjung telah login dalam sistem
Kondisi Akhir
Sistem menampilkan hasil verifikasi berdasarkan data yang diinput

Skenario Utama
1.       Admin / Pengunjung memasukkan data pustaka
1.       Melakukan verifikasi data yang diinputkan dengan database
2.       Menampilkan data pustaka

Skenario Gagal
3.       Admin / pengunjung melakukan input ulang
4.       Sistem meminta data pustaka yang lebih rinci









Skenario Input Data Pinjam
Nama
Input Data Pinjam
Aktor
Admin
Tujuan
Memasukkan data pinjam
Deskripsi
Admin memasukkan data pinjam ke sistem
Kondisi Awal
Admin telah login dalam sistem
Kondisi Akhir
Sistem menyimpan data peminjaman pengunjung

Skenario Utama
1.       Admin memasukkan data pinjam ke system
2.       Admin mengupdate data pinjam
1.       Menyimpan data pinjam ke sistem
2.       Mengubah data pinjam

Skenario Gagal
3.       Admin melakukan input / update ulang
4.       Menyimpan data pinjam ke system dan menampilkan verifikasi


Skenario Input Data Kembali
Nama
Input Data Kembali
Aktor
Admin
Tujuan
Memasukkan data pengembalian pustaka
Deskripsi
Admin memasukkan data kembali ke sistem
Kondisi Awal
Admin telah login dalam sistem
Kondisi Akhir
Sistem menyimpan data pengembalian pengunjung

Skenario Utama
1.       Admin memasukkan data kembali ke system
2.       Admin menghapus data
1.       Menyimpan data kembalian ke sistem
2.       Menghapus data dari sistem

Skenario Gagal
3.       Admin melakukan input / update ulang
4.       Menyimpan data kembalian ke system dan menampilkan verifikasi


Skenario Input Data Denda
Nama
Input Data Denda
Aktor
Admin
Tujuan
Melakukan verifikasi denda
Deskripsi
Admin memasukkan data denda
Kondisi Awal
Admin telah login dalam system
Kondisi Akhir
Sistem menyimpan data dan menampilkan denda pengunjung

Skenario Utama
1.       Admin memasukkan data denda ke system
2.       Admin mengupdate data denda
1.       Menyimpan data denda ke sistem
2.       Mengubah data denda

Skenario Gagal
3.       Admin melakukan input / update ulang
4.       Menyimpan data denda ke system dan menampilkan verifikasi

Itulah yang dapat saya sampaikan tentang Use Case Diagram Sistem Informasi Perpustakaan
jika ada pertanyaan sampaikan dikolom komentar.Semoga dapat membantu dan bermanfaat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment