Inheritance atau Pewarisan dalam bahasa C++ dan Java

loading...

Inheritance atau Pewarisan dalam bahasa C++ dan Java

Selamat siang Minna ! , Yosh postingan kali ini merupakan materi mengenai Inheritance.Inheritance atau Pewarisan merupakan salah satu konsep utama dalam Pemrograman Ber-orientasi Objek.

Apa itu Inheritance ?

Inheritance atau pewarisan sesuai dengan namanya sebuah kelas akan mewariskan objek yang dimiliki ke pada objek yang diturunkan , bersifatmenyeluruh.
Inheritance adalah pewarisan sifat dari superclass ke subclass, yang mewarisi attribute dan method yang masih sejenis beserta attribute dan method tambahan yang merupakan sifat khusus subclass. Misalnya class sapi adalah hewan bertulang belakang / vertebrata yang merupakan mamalia pemakan tumbuhan / herbivora.

Inheritance ini diawali dengan mendefinisikan superclass, dari itu dapat membuat object yang berdasarkan superclassnya. Sehingga akan terbentuk subclass yang  mana setiab object subclass dapat mengakses semua data dan program yang dimiliki superclass.

Proses pembentukan satu class baru dari class lainnya.Dengan memanfaatkan inheritance kode yang kita buat bisa digunakan lagi pada aplikasi lain maupun pada aplikasi itu sendiri, sehingga kita tidak perlu susuah2 menuliskan lagi.

Class baru disebut Derived Class sedangkan class awal disebut Based Class.
untuk penjelasan pewarisan sudah cukup ya
Secara lebih singkat begini :
A sebagai Ayah memiliki Anak bernama B , A berkulit Hitam maka B akan berkulit Hitam jg .
Ini merupakan inheritance terhadap A kepada B , dan inheritance bukan hanya dapat 1x diwariskan , tetapi dapat lebih dari 1x. seperti berikut :
A sebagai Ayah memiliki Anak bernama B , A berkulit Hitam maka B akan berkulit Hitam jg . dan B pun memiliki anak C maka C pun akan berkulit hitam

Keuntungan dari Inheritance :

  • Keuntungan dari inheritance adalah programmer dapat menggunakan coding dari superclass yang nantinyan digunakan secara berulang ulang pada subclass tanpa harus menulisnya berulang kali juga.
  • Tidak perlu mendefinisikan Variabel Bila membutuhkan , Cukup menurunkan dari class induk
  • Memudahkan dan Mempercepat pemprogramman , mengurangi Code

Kekurangan dari Inheritance :

  • dependensi antara objek parent dan anak(jika terjadi perubahan member pada class parent maka setiap class anak dari class parent tersebut perlu dimodifikasi)
  • meningkatnya waktu yang dibutuhkan untuk mengakses fungsi yang dioverload.

Semoga dapat bermanfaat
Previous
Next Post »
Thanks for your comment