APA ITU ETIKA KOMPUTER?

loading...

APA ITU ETIKA KOMPUTER?

Hello Sobat Blog ! Bagi kalian yang ingin mengenal Etika Komputer.Ya ini merupakan salah satu tugas yang didapatkan pada matakuliah Etika Profesi.Simak dibawah ini



ABSTRAK
Etika komputer adalah bidang akademik yang dalam dirinya sendiri mencakup masalah etika yang unik yang tidak akan ada jika teknologi komputer belum ditemukan . Beberapa isu contoh disajikan untuk menggambarkan hal ini . Kegagalan untuk menemukan memuaskan analogi non - komputer menyaksikan keunikan etika komputer . Kurangnya analogi yang efektif memaksa kita untuk menemukan nilai-nilai moral baru , merumuskan prinsip-prinsip moral baru , mengembangkan kebijakan baru , dan menemukan cara baru untuk berpikir tentang isu-isu yang disajikan kepada kita . Untuk semua alasan ini , jenis masalah yang disajikan layak untuk dibahas secara terpisah dari orang lain yang mungkin pada awalnya tampak mirip . Setidaknya , mereka telah begitu diubah oleh teknologi yang bentuk pengubahannya menuntut perhatian khusus komputasi .

PENGENALAN
Donn Parker pada akhir 1970-an di SRI International.1  Pada tahun 1977, Parker mengundang profesional yang sangat terlatih dari berbagai bidang untuk mengevaluasi isi etis dari 47 kasus hipotetis sederhana bahwa ia telah dibuat berdasarkan kepada pengetahuan ahli tentang penyalahgunaan komputer. Peserta lokakarya yang berfokus pada setiap tindakan atau non-tindakan setiap orang yang memainkan peran dalam skenario satu halaman. Untuk setiap tindakan yang dilakukan atau tidak dilakukan, tugas set mereka adalah untuk menentukan apakah perilaku itu tidak etis atau tidak, atau hanya mengangkat tidak ada masalah etika sama sekali. Parker menemukan jumlah yang mengejutkan ketidaksepakatan sisa kalangan profesional ini bahkan setelah analisis lengkap dan pembahasan semua isu setiap kasus yang disajikan.
 Lebih mengejutkan, minoritas yang signifikan profesional diadakan untuk keyakinan mereka bahwa tidak ada masalah etika hadir bahkan dalam kasus penyalahgunaan komputer . Misalnya, dalam Skenario 3.1, seorang perwakilan perusahaan secara rutin menerima salinan dari catatan penangkapan komputerisasi untuk karyawan perusahaan baru. Catatan ini disediakan sebagai nikmat oleh petugas berkas polisi yang kebetulan memiliki akses ke berbagai database lokal dan federal yang berisi informasi peradilan pidana. Sembilan dari 33 individu yang dianalisis kasus ini dianggap pengungkapan sejarah penangkapan mengangkat masalah etika tidak ada sama sekali. 
Penelitian Parker tidak mengidentifikasi profesi diwakili oleh mereka yang gagal untuk mendeteksi masalah etika, tetapi sebagian besar peserta dalam study2 awal ini adalah profesional komputer. Ini meninggalkan pembaca kasual Konflik Etika Parker di bidang Ilmu Komputer dan Teknologi gratis untuk mengidentifikasi profesional komputer sebagai orang-orang yang tidak memiliki sensitivitas etis. Jika beberapa dari mereka bahkan tidak bisa mengenali kapan masalah etika yang hadir, sulit untuk membayangkan bagaimana mereka pernah bisa berharap untuk menangani secara bertanggung jawab dengan mereka.
 Menurut Parker, masalah mungkin telah dipupuk oleh program pendidikan komputer dan pelatihan yang mendorong, atau setidaknya gagal untuk mengkriminalisasi, jenis tertentu conduct.3 profesional tidak etis

TINGKAT PEMBENARAN UNTUK STUDI ETIKA KOMPUTER 
Dari lemah ke kuat , setidaknya ada enam tingkat pembenaran untuk studi etika komputer yaitu:
Level satu :
Kita harus belajar etika komputer karena hal itu akan membuat kita berperilaku seperti profesional yang bertanggung jawab .
Paling buruk , jenis pemikiran adalah panggilan terselubung untuk indoktrinasi moral. Paling-paling, dilemahkan oleh kebutuhan untuk mengandalkan koneksi sulit dipahami antara benar
Walter Maner , Masalah Etis Unik Teknologi Informasi 5
pengetahuan dan perilaku yang tepat . Hal ini mirip dengan klaim bahwa kita harus mempelajari agama karena yang akan menyebabkan kita menjadi lebih spiritual . Bagi sebagian orang , mungkin hal itu mungkin , tapi mekanismenya tidak dapat diandalkan .

level Dua :
 Kita harus belajar etika komputer karena hal itu akan mengajarkan kita bagaimana untuk menghindari penyalahgunaan komputer dan bencana .

Level Tiga :
 Kita harus belajar etika komputer karena kemajuan teknologi komputasi akan terus menciptakan Vacuums kebijakan sementara.

Level Empat :
 Kita harus belajar etika komputer karena penggunaan komputasi secara permanen mengubah masalah etika tertentu untuk tingkat bahwa perubahan mereka memerlukan studi independen. Saya berpendapat, misalnya, bahwa banyak isu seputar kekayaan intelektual telah secara radikal dan permanen diubah oleh intrusi teknologi komputer.

Level Lima :
Kita harus belajar etika komputer karena penggunaan teknologi komputasi menciptakan, dan akan terus menciptakan, masalah etika baru yang memerlukan studi khusus. Saya akan kembali ke topik ini dalam sekejap.

Level Enam :
Kita harus belajar etika komputer karena serangkaian masalah baru dan berubah cukup besar dan cukup koheren untuk menentukan bidang baru.


STATUS KHUSUS ETIKA KOMPUTER 
Etika komputer harus dibatasi untuk hanya isu-isu dan masalah yang unik ke lapangan. Setiap contoh adalah, dalam arti tertentu, yang unik untuk etika komputer.
Oleh "unik" Maksudnya untuk merujuk kepada isu-isu etika dan masalah yang
• ditandai dengan keterlibatan utama dan penting dari teknologi komputer, 
• mengeksploitasi beberapa properti yang unik dari teknologi itu, dan 
• tidak akan muncul tanpa keterlibatan penting dari teknologi komputasi
Maksudnya untuk memungkinkan ruang untuk membuat baik kuat atau klaim yang lemah yang sesuai. Untuk beberapa contoh, membuat klaim yang kuat bahwa masalah atau masalah tidak akan muncul sama sekali. Untuk contoh-contoh lain, diklaim hanya isu tersebut atau masalah tidak akan muncul di masa sekarang, bentuk yang sangat berubah.
  
KESIMPULAN
Ada masalah dan masalah yang unik untuk etika komputer. Untuk semua masalah ini, ada keterlibatan penting dari teknologi komputasi. Kegagalan untuk menemukan memuaskan analogi non-komputer menyaksikan keunikan masalah ini. Kurangnya analogi yang memadai, pada gilirannya, memiliki konsekuensi moral yang menarik. Biasanya, ketika kita menghadapi masalah etika asing, kita menggunakan analogi untuk membangun jembatan konseptual untuk situasi yang sama kita temui di masa lalu. Kemudian kami mencoba untuk mentransfer intuisi moral melintasi jembatan, dari kasus analog dengan situasi kita saat ini.
Ada jelas banyak perangkat yang memiliki dampak yang signifikan terhadap masyarakat selama berabad-abad. Penemuan mesin cetak adalah peristiwa penting dalam sejarah transmisi budaya, tetapi tidak ada hal seperti Printing-tekan Etika. Lokomotif merevolusi industri transportasi, tetapi tidak ada hal seperti Etika Lokomotif. Telepon selamanya mengubah cara kita berkomunikasi dengan manusia lain, tetapi tidak ada hal seperti Etika Telephone. Traktor mengubah wajah pertanian di seluruh dunia, tetapi tidak ada hal seperti Etika Tractor. Mobil telah memungkinkan bagi kita untuk bekerja pada jarak yang jauh dari lingkungan lokal kami, tetapi tidak ada hal seperti Etika Commuter.
 Mengapa? karena itu, harus ada hal seperti itu sebagai Etika Komputer?


Etika komputer adalah seperangkat asas atau nilai yang berkenaan dengan penggunaan komputer. Etika komputer berasal dari 2 suku kata yaitu etika (bahasa Yunani: ethos) adalah adat istiadat atau kebiasaan yang baik dalam individu, kelompok maupun masyarakat dan komputer (bahasa Inggris: to compute) merupakan alat yang digunakan untuk menghitung dan mengolah data. Jumlah interaksi manusia dengan komputer yang terus meningkat dari waktu ke waktu membuat etika komputer menjadi suatu peraturan dasar yang harus dipahami oleh masyarakat luas.


Sekian untuk artikel APA ITU ETIKA KOMPUTER?.Bagi kalian yng ingin bertanya sampaikan pada kolom komentar.Semoga dapat membantu dan bermanfaat.
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Kalderahmed
admin
April 5, 2016 at 2:42 PM ×

Thanks gan infonya, sangat bermanfaat, semoga maju terus

Reply
avatar
October 28, 2016 at 4:10 PM ×

sama sama gan , sukses selalu !

Reply
avatar
Thanks for your comment